Senin, 20 April 2009

Steel Town

Dengan jarak kurang lebih 100 Km ke arah barat Jakarta, kota yang dikenal dengan sebutan Kota Baja ini dapat ditempuh kurang lebih hanya 2 jam perjalanan saja dari Kota Metropolitan tersebut. Namun jika tidak pandai-pandai menghibur diri, dominasi pemandangan yang monoton akan membuat perjalanan menuju Cilegon melalui tol Jakarta-Merak begitu membosankan. Dari sekian banyak pintu keluar pada ruas jalan tol Jakarta-Merak, akses langsung memasuki Kota Cilegon dapat dicapai melalui pintu tol keluar yang ke-14 (Cilegon Timur) dan ke-15 (Cilegon Barat).

Apabila menyebut nama Cilegon, maka ingatan kita tak akan lepas dari sebuah Industri Baja terbesar di tanah air, Krakatau Steel(KS). Sebuah BUMN yang telah berdiri di kota Cilegon sejak 1970. Keberadaan KS di kota kecil tepi pantai barat pulau jawa inilah yang mengantarkan Cilegon menjadi sebuah kota industri dengan julukan Kota Baja.

Seperti halnya Jakarta, lokasi kota yang berada di tepi pantai membuat hawa udara kota Cilegon cukup panas. Dan makin bertambahnya industri yang berdiri pun membuat Cilegon kian terik. Namun kondisi demikian tidak membuat para pendatang enggan untuk mengais rejeki di kota ini.

Tahun 2009, usia kota industri ujung barat Pulau Jawa ini genap 10 tahun. Kota yang sebelumnya bagian dari Kabupaten Serang ini resmi menjadi Kotamadya(Kota) tepatnya pada tanggal 20 April 1999.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar